Risiko Root Smartphone yang Jarang Diketahui

Risiko Root

Dunia teknologi semakin hari semakin cepat berkembang, banyak inovasi baru yang muncul. Tidak terkecuali dunia smartphone yang semakin hari fiturnya semakin mencengangkan. Harga smartphone yang keluar di kuartal akhir tahun 2017 ini juga semakin beragam, ada yang sangat mahal dan adapula yang cukup terjangkau tetapi spesifikasinya lumayan. Semua tergantung kebutuhan konsumen ingin membeli smartphone dengan harga berapa.

Membahas smartphone pasti tidak terlepas dengan aplikasi, banyak sekali jenis aplikasi yang terus berkembang. Terkadang hanya untuk menjalankan suatu aplikasi kita memerlukan akses root terlebih dahulu untuk membuka akses khusus yang dibutuhkan aplikasi tersebut. Nah sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui beberapa hal yang dapat membahayakan smartphone akibat root, berikut ini contohnya.

Proses Root yang Berbahaya

Sangat berbeda dengan memasang aplikasi biasa yang tinggal menekan tombol next. Rooting membutuhkan beberapa tools, kemampuan khusus dan tentunya keberanian. Pada beberapa vendor dan tipe smartphone tertentu root merupakan hal yang cukup ribet dan bisa sangat berisiko. Risiko terbesar saat menjalan proses root yang tidak benar adalah hardbrick, dimana smartphone tidak bisa menyala sama sekali. Diperbaiki pun akan kecil kemungkinan smartphone bisa menyala seperti semula.

Tidak Mendapat Update OS

Kondisi android yang sudah diroot memang akan memberikan keleluasaan dan hak istimewa kepada pemiliknya, misalnya saja Anda bisa menghapus aplikasi bawaan untuk memperingan kinerja smartphone. Namun tentu saja ada hal yang tidak akan Anda dapat dalam keadaan root, yakni update OS secara OTA (Over The Air). Mungkin smartphone Anda masih akan mendapatkan pemberitahuan update, namun tidak bisa dijalankan.

Mudah Terkena Virus

Perangkat android yang sudah dalam keadaan root lebih rentang terhadap serangan virus dan malware. Apalagi Anda suka memasang aplikasi yang diunduh dari sumber tidak terpercaya. Biasanya malware atau virus seperti ini akan masuk tanpa kita ketahui sama sekali, dan tentunya dapat menghambat kinerja smartphone kita.

Garansi Hilang

Hal ini mungkin lebih familiar dikalangan pengguna smartphone. Memang benar jika kondisi root akan membuat garansi smartphone hangus dan Anda tidak bisa klaim jika terdapat kerusakan pada smartphone Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *